Home » , » Mayoritas Fraksi Pilih Opsi "C"

Mayoritas Fraksi Pilih Opsi "C"

Written By Den Bagus 212 on Rabu, 03 Maret 2010 | 16.54

Dalam Rapat Paripurna DPR lanjutan yang berlangsung hari ini, Rabu (3/3/2010), telah terlihat gambaran mengenai sikap fraksi-fraksi atas dua opsi yang dihasilkan Panitia Khusus DPR tentang Hak Angket Bank Century.
Opsi kedua (opsi C) yang dipilih oleh lima fraksi menjadi mayoritas dalam sidang siang ini. Opsi ini memandang bahwa ada pelanggaran peraturan perundang-undangan dalam penetapan kebijakan bail out Bank Century. Pelanggaran tersebut juga melahirkan penyalahgunaan wewenang hingga terjadi dugaan tindak pidana, mulai dari tindak pidana umum, tindak pidana perbankan, tindak pidana pencucian uang, hingga tindak pidana korupsi.
Kelima fraksi yang memilih opsi C tersebut adalah Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDI-P, Fraksi PKS, Fraksi Gerindra, dan Fraksi Hanura. Adapun dua fraksi yang memilih abstain adalah Fraksi PAN dan Fraksi PPP. Dua fraksi ini semula berada di ”kelompok” Partai Demokrat.
Selanjutnya, dua fraksi yang memilih opsi A adalah Fraksi Demokrat dan Fraksi PKB. Secara ringkas, opsi pertama (opsi A) menilai bahwa kebijakan penyelamatan bank milik Robert Tantular merupakan kebijakan yang tepat. Tak ada unsur kesalahan di dalamnya. Ada pelanggaran, tetapi yang harus bertanggung jawab adalah pemilik Bank Century, yaitu Robert Tantular, dan para kroninya.
Saat berita ini diturunkan, rapat paripurna sedang diskors untuk makan siang dan shalat. Selanjutnya, siang nanti rapat akan dilanjutkan dengan lobi pimpinan fraksi dan pimpinan DPR untuk menentukan mekanisme pengambilan keputusan terhadap isu tersebut. kompas.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar bijak cermin diri bijak

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS PANMAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger