Home » , » Masjidil Aqsha dalam Bahaya: Israel Kerjasama dengan Ramallah Cegah Intifadhah III

Masjidil Aqsha dalam Bahaya: Israel Kerjasama dengan Ramallah Cegah Intifadhah III

Written By Den Bagus 212 on Jumat, 19 Maret 2010 | 07.11

KNRP - Kamis 18 maret 2010, aksi intifadhah terus terjadi di berbagai titik kota Al Quds. Kali ini, aksi perlawanan meluas ke beberapa lokasi di Tepi Barat hingga ke utara Al Quds. Para pemuda Palestina melempari tentara Israel dengan batu, memprotes peresmian Sinagog Yahudi terbesar Al Kharab, yang hanya berjarak beberapa puluh meter dari Masjidil Aqsha.
Berbagai sumber Palestina yang dikutip Aljazeera menyebutkan sejumlah pemuda melempari tentara Israel dengan batu di depan pintu masuk perbatasan kamp Shafath utara Al Quds, kota Aisuwiya, Qandaliya, Wad Aljuz dan beberapa sudut kota. Tentara Israel membalas pelemparan itu dengan granat, gas air mata dan peluru karet. Disebutkan sekitar 120 orang pemuda Palestina terluka akibat bentrukan tersebut.
Sementara itu, sumber-sumber keamanan Israel menyebutkan adanya koordinasi dengan pemerintah Ramallah untuk turut melarang aksi solidaritas terhadap Masjid Al Aqsha. Israel juga meminta agar warga Ramallah, tidak terjebak dalam aksi-aksi demonstrasi menentang sinagog Al Kharab, sebagaimana yang terjadi di Al Quds. Dengan upaya ini, Israel ingin menahan kemungkinan meletupnya intifadhah ketiga. ”Ada koordinasi yang sanagt baik sekali dengan aparat keamanan Fatah,” jelas sumber tentara Israel di siaran radio Israel, seperti disebut al quds online.
Selain itu, petinggi tentara Israel tersebut juga menyatakan keraguannya bila kelompok Hamas dan pejuang Palestina lainnya mampu membangkitkan semangat intifadhah III. "Kami telah melakukan langkah-langkah terintegrasi hingga kami mampu memiliki kekuatan untuk menangkap semua orang Hamas dan pejuang lainnya," jelas sumber tentara Israel. (mln/qdsol)

Berita Terkait
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar bijak cermin diri bijak

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS PANMAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger